DEFINISI
Malicious Code atau malcodes adalah suatu program, baik itu macro maupun script yang dapat dieksekusi dan dibuat dengan tujuan untuk merusak sistem komputer, jadi tidak salah jika saya katakan kode jahat/perusak. berbeda dengan Bug, bug adalah suatu program yang salah, yang secara tidak sengaja dibuat oleh programmer, tetapi jika bug ini benar-benar mengganggu, tidak ada salahnya juga masuk kategori malicious code. Dahulu digunakan istilah Malware ( malicious software ), tetapi istilah ini terlalui bermakna sempit, sehingga e-mail palsu yang notabene bukan suatu software tidak masuk kategori ini. Oleh karena itu sampai sekarang menggunakan istilah malcode bukan malware.

KLASIFIKASI
1. Virus
Program yang dapat mengcopi dirinya sendiri dan menginfeksi komputer tanpa sepengetahuan dari user. Virus terdiri dari kumpulan kode yang dapat memodifikasi target kode yang sedang berjalan, atau dapat pula memodifikasi struktur internal target kode, sehingga target kode tidak dapat berjalan. Virus kadang menampilkan pesan yang tidak kita sukai, merusak tampilan, merusak data dan sebagainya. Virus masih dapat dikalsifikasikan menjadi Boot Virus (virus yang berada di boot sector, muncul ketika komputer dinyalakan), File virus (virus yang menginfeksi program exe), Multipart virus (menyerang boot sector dan file), dan Macro virus (menyerang dan menginfeksi office document).Contoh virus: Brain, Ohe half, Die hard, XM/Laroux, Win95/CIH

2. Worm
Program pengganggu yang dapat menyebar dan menginfeksi komputer lain tanpa harus mengkopikan induknya pada komputer lain tersebut, artinya mengkopi dirinya sendiri ke hanya memory komputer, bedanya dengan virus tadi adalah virus menginfeksi target code, sedangkan worm tidak, hanya berada di memory. Contoh worm: I-Worm/Happy99(Ska), I-Worm/ExploreZIP, I-Worm/PrettyPark, I-Worm/MyPics

3. Trojan
Trojan atau trojan Horse sengaja dibuat dengan tujuan yang jahat. Trojan tidak dapat memproduksi dirinya sendiri, biasanya dibawa oleh suatu program utility lain. program tersebut mengandung trojan dan trojan itu “bergaya” seolah-olah suatu program tersebut. Trojan ini tidak berbahaya sampai dilakukan eksekusi pada program. tetapi biasanya trojan ini tersembunyi dari aplikasi utama sehingga user secara tidak sengaja akan membuka program yang sebenarnya adalah trojan. Aktivitas dari trojan biasanya menghapus file, mengcapture password, dan sebagainya. Trojan dapat dibedakan menjadi dua yaitu DOS Trojan (berjalan under DOS, mengurangi kecepatan komputer dan menghapus file) dan Windows Trojan (berjalan di Mic. Windows). Contoh Trojan Horse: Win-Trojan/Back Orifice,Win-Trojan/SubSeven, Win-Trojan/Ecokys(Korean)

4. Spyware
Program pengganggu yang dapat membahayakan privasi dari user. Program ini terinstall secara diam-diam pada komputer user dan dapat merekam seluruh aktivitas komputer/semua kegiatan privasi.

5. Hoax
Hoax ini adalah semacam rumors atau berita yang sangat tidak penting dan bahkan berita tidak benar yang tersebar dan disebarkan melalui e-mail, chat, blog dan sebagainya.

6. Joke
Program ini membuat komputer seolah-olah menjadi blank dan terjadi sesuatu seperti terserang virus, tetapi sebenarnya tidak.