Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah informasi menurut prosedur yang telah dirumuskan. Kata computer semula dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Asal mulanya, pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah aritmatika, tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan matematika.
Dalam definisi seperti itu terdapat alat seperti slide rule, jenis kalkulator mekanik mulai dari abakus dan seterusnya, sampai semua komputer elektronik yang kontemporer. Istilah lebih baik yang cocok untuk arti luas seperti “komputer” adalah “yang memproses informasi” atau “sistem pengolah informasi.”
Istilah komputer (computer) berasal dari bahasa Latin computare yang berarti menghitung. Komputer mempunyai arti yang sangat luas dan berbeda untuk orang yang berbeda. Berikut ini definisi komputer yang didapat dari beberapa buku komputer.
Menurut buku Computer Annual (Robert H.Blissmer), komputer adalah suatu alat elektronik yang mampu https://jokeerz.wordpress.com/2011/10/08/definisi-dan-kegunaan-komputer/melakukan beberapa tugas sebagai berikut :
* Menerima input
* Memproses input tadi sesuai dengan programmnya
* Menyimpan perintah-perintah dan hasil dari pengolahan
* Menyediakan output dalam bentuk informasi
Menurut buku Computer Today (Donald H.Sanders), komputer adalah sistem elektronik untuk memanipulasi data yang cepat dan tepat serta dirancang dan diorganisasikan supaya secara otomatis menerima dan menyimpan data input, memprosesnya dan menghasilkan output dibawah pengawasan suatu langkah-langkah instruksi-instruksi program yang tersimpan di memori (stored program).
Menurut buku Computer Organization (V.C. Hamacher, Z.G. Vranesic. S.G. Zaky), komputer adalah mesin penghitung elektronik yang cepat dapat menerima informasi input digital, memprosesnya sesuai dengan suatu program yang tersimpan di memorinya (stored program) dan menghasilkan output informasi.
Menurut buku Introduction To The Computer, The Tool Of Busines (William M.Fouri), komputer adalah suatu pemroses data (data processor) yang dapat melakukan perhitungan besar dan cepat, termasuk perhitungan aritmatika yang besar atau operasi logika, tanpa campur tangan dari manusia mengoperasikan selama pemrosesan.
Menurut buku Introduction To Computers (Gordon B. Davis), komputer adalah tipe khusus alat penghitung yang mempunyai sifat tertentu yang pasti.
Dari beberapa definisi yang didapat dari berbagai buku, dapat disimpulkan bahwa komputer adalah :
* Alat elektronik
* Dapat menerima input data
* Dapat mengolah data
* Dapat memberikan informasi
* Menggunakan suatu program yang tersimpan di memori komputer (stored program)
* Dapat menyimpan program dan hasil pengolahan
* Bekerja secara otomatis
Sedangkan yang disebut dengan program adalah kumpulan instruksi atau perintah terperinci yang sudah dipersiapkan supaya komputer dapat melakukan fungsinya dengan cara yang sudah tertentu.
Kata “Komputer”
Selama bertahun-tahun sudah ada beberapa arti yang agak berbeda pada kata ‘komputer’, dan beberapa kata berbeda untuk hal kami sekarang biasanya disebut komputer.
Misalnya “computer” secara umum pernah dipergunakan untuk bermaksud orang memperkerjakan untuk melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa mesin membantu. Menurut Barnhart Concise Dictionary of Etymology, kata tersebut digunakan dalam bahasa Inggris pada tahun 1646 sebagai kata bagi “orang yang menghitung” dan lalu menjelang 1897 juga untuk “alat hitung mekanis”. Selama Perang Dunia II kata tersebut menunjuk kepada para pekerja wanita AS dan Inggris yang pekerjaannya memperhitungkan jalan artileri perang besar dengan mesin seperti itu.
Charles Babbage mendesain salah satu mesin menghitung pertama disebut Mesin Analitikal, tetapi karena masalah teknologi tidak dibuat seumur hidupnya. Berbagai alat mesin yang sederhana seperti slide rule baik juga sudah menyebut komputer. Di beberapa kasus mereka diserahkan ke sebagai “komputer analog”, sewaktu mereka melambangkan nomor oleh continuous kuantitas-kuantitas fisik daripada di samping digit biner yang berlainan. Apa sekarang menyebut “komputer” saja secara umum pernah menyebut “komputer digital” untuk membedakan mereka dari alat lain ini (yang masih dipakai di bidang analog pengolahan tanda, misalnya).
In yang memikirkan kata lain untuk komputer, itu ialah harga mengamati bahwa di bahasa lain kata yang dipilih selalu tidak mempunyai arti harfiah sama sebagai kata Bahasa Inggris. Dalam Bahasa Perancis misalnya, kata ialah “ordinateur”, yang berarti kira-kira “organisator”, atau “memisahkan mesin”. Pada bahasa Spanyol digunakan kata “ordenador”, dengan arti sama, walaupun di beberapa negara mereka menggunakan anglicism computadora. Dalam Bahasa Italia, komputer ialah “calcolatore”, kalkulator, menekankannya computational menggunakan di balik yang logis seperti penyortiran. Dalam Bahasa Swedia, komputer dipanggil “dator” dari “data”. Atau paling tidak pada tahun 1950-an, mereka disebut “matematikmaskin” (mesin matematika). Dalam Bahasa Tionghoa, komputer dipanggil “dien nau” atau suatu “otak listrik”. Dalam Bahasa Inggris, kata lain dan frase sudah bekas, seperti “mesin pengolahan data”.

Kegunaan Komputer

Sebenarnya apa saja kegunaan komputer itu? Berikut ini adalah beberapa fungsi yang ditawarkan komputer:

Untuk pekerjaan kantor. Banyak aplikasi komputer yang dikembangkan untuk kebutuhan ini. Beberapa aplikasi untuk pekerjaan kantor antara lain aplikasi untuk word prosessing (mengetik), pemrosesan data dan pembuatan file untuk presentasi. Aplikasi-aplikasi ini dapat ditemukan dalam aplikasi besut seperti Microsoft Office, StarOffice dan Open Office.

Pencarian informasi. Perkembangan teknologi membuat komputer di dunia pada saat ini dapat terhubung satu sama lain. Dengan komputer dan jaringan internet, kita dapat mencari dan bertukar informasi apapun yang dibutuhkan.

Menjalin silaturahim. Kegunaan komputer yang terhubung dengan internet lainnya adalah menjalin komunikasi dengan orang lain dimanapun mereka berada.

Banyak aplikasi dan website yang berkembang dewasa ini untuk menjalin silaturahim, seperti aplikasi chatting dan website jaringan sosial. Anda bisa menggunakan berbagai layanan Instant Messenger untuk chatting dengan rekan Anda.

Photo dan Video Editing. Fungsi lain dari komputer adalah untuk meng-edit foto dan video. Foto yang Anda ambil dengan kamera maupun video yang Anda shoot dengan handycam, dapat ditransfer ke dalam komputer.

Setelah itu, Anda bisa mengembangkan kreativitas untuk mengolah foto dan video tersebut. Banyak aplikasi yang bisa Anda lakukan untuk hal ini. Untuk pengolahan foto, aplikasi yang paling populer digunakan adalah Adobe Photoshop. Untuk video, windows movie maker adalah pilihan yang tepat untuk mencoba kreatifitas Anda.

Menonton film dan mendengar musik. Dua hiburan yang bisa diberikan komputer adalah memutar film dan musik. Anda bisa menyaksikan film apapun bentuknya dan musik dalam format apa saja di dalam sebuah komputer.

Bermain games. Salah satu kegunaan komputer yang sangat dinikmati oleh siapapun dari usia berapapun adalah bermain games.

Mulai anak-anak sampai orang tua sangat gemar bermain games di komputer. Berbagai aplikasi games yang dikembangkan mulai dari yang sederhana sampai dengan games yang canggih bisa Anda coba.