business1

Berbisnis dengan memanfaatkan handphone lebih umum dikenal dalam bidang penyediaan pulsa, baik untuk pulsa kartu maupun pulsa listrik. Handphone kini bukan lagi menjadi barang baru yang identik dengan orang kaya. Berbagai merek handphone yang memiliki fitur canggih dapat kita miliki dengan harga di bawah lima ratus ribuan rupiah. Namun, sayangnya pemanfaatan handphone bagi sebagian pengusaha masih terbatas pada urusan komunikasi (telepon + sms) dan sebagai media hiburan, seperti foto-foto, musik, atau pun main game. Mungkin hal itu bisa dimaklumi mengingat kesibukan mereka dalam urusan bisnis sehingga tidak sempat untuk utak-atik handphone. Sementara, bagi anda yang masih punya waktu untuk bermain-main dengan fitur atau aplikasi yang terdapat di dalam handphone, ada baiknya mendayagunakan gadget tersebut untuk memajukan usaha anda. Ada berbagai merek dan kelas handphone yang masing-masing punya kelebihan masing-masing.
smartphones_rectJika anda ingin memanfaatkan handphone dalam usaha anda, sebaiknya memilih hp yang sudah dilengkapi dengan fasilitas internet. Ada berbagai fitur yang tertanam dalam sebuah HP yang ternyata bisa membantu anda meningkatkan kinerja diri dan bisnis anda. Berikut adalah beberapa rincian penjelasannya:

Nokia Life Tool adalah sebuah aplikasi yang hanya dapat digunakan oleh ponsel Nokia. Aplikasi ini lebih ditujukan pada wirausahawan di daerah pedesaan yang akses internetnya masih ngoss-ngossan. Dalam aplikasi tersebut, anda akan diminta untuk memilih topik informasi yang anda butuhkan. Misalnya, seorang petani memilih topik pertanian, maka tiap harinya ia akan menerima text informasi yang mirip sms berupa harga komoditi, tips bercocok tanam, dan sebagainya. Sayangnya, anda akan dikenakan biaya sekitar Rp. 1.000,- per harinya.

Blacberry Massanger merupakan fitur special yang hanya dimiliki oleh handphone blackberry. Para pengusaha profesional sering memanfaatkan fitur BBM tersebut dalam berkomunikasi dengan para pelanggan ataupun rekan bisnisnya karena lebih cepat, efesien, gratis, dan menjaga privasi.

Microsoft Office Mobile yang ada di dalam handphone dengan sistem operasi Windows Phone adalah fitur istimewa yang sering dimanfaatkan oleh para pekerja kantoran dalam menyiapkan dokumen, data laporan ataupun presentasi. Jadi dengan menggunakan handphone tersebut, mereka dapat bekerja dimana saja atau “Work on The Go” layaknya menggunakan sebuah komputer.

Para pengguna handphone Android dan Iphone juga dimanjakan dengan berbagai aplikasi dan layanan yang disediakan oleh Google dan Apple. Aplikasi keuangan, tips bisnis, peta lokasi, email, cuaca dan ribuan aplikasi bisnis lainnya bisa anda instal untuk meningkatkan kinerja usaha anda. Anda bisa mencoba mendownload aplikasi Documents To Go, Bump, Notepad, Dollar Tacos, Cha-Ching, dan sebagainya sesuai dengan profesi dan kebutuhan bisnis anda.

Selain memanfaatkan fitur-fitur yang terpaket dalam handphone, banyak pengusaha muda yang memanfaatkan kepopuleran apilkasi pihak ke tiga, misalnya berjualan lewat facebook, pinterest, dan media sosial yang disediakan oleh provider kartu. Tentunya mereka akan dapat memaksimalkan jangkauan usahanya lewat HP tersebut.

Namun, ada juga beberapa orang yang memanfaatkan handphone untuk promosi usahanya dengan cara kurang tepat. Mereka biasanya memanfaatkan promosi gratis sms yang disediakan oleh provider untuk menyebarkan info penawaran ke banyak orang secara acak, misalnya penawaran tiket, togel, jualan baju, obat kesehatan, dsb. Hal tersebut sebenarnya sangat mengganggu privasi orang-orang yang menerima sms promosi tersebut, apalagi jika dilakukan di tengah malam. Jika hal tersebut ingin anda lakukan, maka usaha anda akan dicap negatif, bahkan mungkin umpatan dan doa agar usaha anda segera bangkrut karena telah mengganggu ketenangan mereka. Selain itu, promosi ini tingkat keberhasilannya sangat rendah karena target sasaran yang dikirimi sms dilakukan secara acak. Meskipun ada yang tertarik, belum tentu akan terjadi transaksi. Maka, daripada membuang waktu dan tenaga anda, adalah lebih bijak untuk melupakan teknik tersebut dan mulai melakukan promosi dengan cara yang lain agar anda tidak dicap sebagai Spammer.

Sumber : http://www.kerjausaha.com/